Sunday, March 6, 2011

Ringkasan Metode Numerik


METODE NUMERIK
PENDAHULUAN

Terdapat banyak definisi dari metode numerik yang di kemukakan oleh para ahli matematika seperti, (Chapra dan Chanale,1991); metode numerik adalah teknik – teknik yang digunakan untuk merumuskan masalah matematika agar dapat diselesaikan hanya dengan operasi hitungan,yang terdiri dari operasi tambah, kurang, kali, dan bagi. ( Susila, 1994 ; Ibrahem dan Hisyam,2003 ). Namun pada dasarnya masing – masing metode tersebut memiliki karakteristik umum, yaitu selalu mencakup sejumlah kalkulasi aritmetika. Jadi metode numerik adalah suatu teknik untuk memformulasikan masalah matematika sehingga dapat diselesaikan dengan operasi aritmetika yang terdiri dari operasi tambah, kurang, kali dan bagi. Pada dasarnya penyelesaian dari suatu masalah matematika yang diharapkan berupa jawaban eksak, dimana jawaban yang di peroleh tersebut memenuhi persamaan semula secara eksak (penyelesaian analitis). Karena proses komputasi dalam penyelesaian masalah sering melibatkan banyak langkah dan angka maka penyelesaian dari masalah sering hanya berupa hampiran dari hasil eksak yang diharapkan.
Namun pada prinsipnya metode numerik digunakan untuk memecahkan masalah yang penyelesaiannya berupa hampiran atau pendekatan dari nilai eksaknya. Di era teknologi elektronik, komputer menjadi alat bantu yang handal dalam menyelesaikan masalah-masalah yang memerlukan perhitungan yang mencakup sejumlah besar kalkulasi aritmatika.
Beebrapa alasan mengapa orang menggunakan metode numerik untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.
1.      Metode numerik merupakan suatu teknik untuk menyelesaikan masalah matematika yang efektif dan efesien, dengan bantuan komputer maka dapat menangani masalah yang rumit dan melibatkan perhitungan yang luas.
2.      Saat ini terdapat berbagai paket program komputer (misalnya exel, maple, matlab) yang tersedia dan dapat digunakan dalam pengoperasian yang mencangkup metode numerik.
3.      Jika masalah yang dihadapi sulit diselesaikan dengan bantuan program paket komputer, maka pemecahan masalah dapat menggunakan program komputer yang lain (misalnya basic, pascal, fortan).
4.      Di sisi lain, metode numerik merupakan semacam sarana yang efesien untuk mengenal karakteristik komputer dan mendisain algoritma, diagram alur dan menulis program komputer sebdiri.
5.      Metode numerik dapat dijadikan sarana untuk memperkuat kemampuan menerapkan ilmu matematika.

0 komentar:

Post a Comment